Renungan (Pdt. Billy Kristanto MCS.)
17.09Wahyu 3 : 14 - 22
T: apa arti kunci Daud di Why.3:7-8?
J: Daud adalah teolog terbesar di sepanjang sejarah. Karena dia adalah orang yang paling mengerti isi hati Tuhan. Perhatikan: Daud adalah orang pertama di dalam sejarah yang mengerti Krislologi lebih dari siapapun, menjadi sumber inspirasi bagi semua teolog bahkan sampai hari ini. Abraham, Musa.... tidak tahu: Allah mempunyai Anak tunggal, Anak Allah dilantik menjadi Raja diatas segala raja, Anak Allah akan mati di atas kayu salfb, akan dijual 30 keping perak, akan ditusuk kaki dan tanganNya, Daud tahu. Pengertian Kristologi Daud begitu tepat, bagai menjamah isi hati Tuhan sampai ke titik pusat pikiran Allah yang paling dalam. Maka kata Tuhan, jangan pilih Saul, Aku sudah menyiapkan seorang yang berkenan di hatiKu menjadi rajamu, Daud punya tujuh orang kakak, semua mereka berperawakan tinggi besar, paras yang ganteng, tapi Tuhan memilih yang bungsu, yang menurut perkiraan orang tak punya apa-apa, padahal dia adalah orang yang belul-betul mengerti isi hati Tuhan. Memang Daud punya kelemahan: berzinah, menyakiti hati Tuhan; tapi Tuhan tetap memakai dia menjadi nabi. membicarakan Kristus lebih dari siapapun. Kunci Daud adalah Kristologi, kunci Kristologi adalah iman Kristen yang didasarkan pada injil; kematian dan kebangkitan Kristus. Lewat Kristus yang diberi nama atas segala nama, kita berpaling pada Allah, yang melampaui semua penguasa — kunci di dalam kunci.
J: dimanakah sorga, sorga itu status atau tempat atau perasaan yang nikmat? Ketiga-tiganya. Sorga adalah tempat rohani, yang tidak dilokalisasi oleh konsep fisik. Misalnya, kalau saya tanyakan pada pak Arsyid "adakah kau mencintai isterimu?" "Ya". "dimana kau letakkan cinta terhadap nyonyarriu?" Tak seorangpun mengatakan pada kekasihnya, aku mengasihimu sampai sedalam-dalamnya ususku atau paru-paruku, melainkan jantung hatiku, karena jantung hati ada center point. Permisi tanya, setelah seorang melakukan transplatasi jantung, mungkinkah cintanya berpindah pada isteri orang? Tak ada bukti medis. Jadi, cinta itu ada atau tidak?
T: bagaimana interpretasi I Tim.2:12 tentang perempuan tidak diizinkan mengajar di dalam pertemuan jemaat?
J: Gereja Reformed pada saat sangat terkecuali. ada wanita yang pengajarannya betul-betul diandalkan boleh berkhotbah di mimbar, Kami tidak mutlak melarang, tapi bila tidak dibutuhkan, tidak berkhotbah di mimbar. Apakah berdasarkan ayat itu? Sebenarnya Paulus menuliskannya dua kali, ayat itu, dan: "aku tidak mengizinkan perempuan berkhotbah". Bahasa asli dari berkhotbah maupun mengajar: didoche, terdiri dua macam: 1. memberi informasi. 2. menegakkan doktrin. Saat itu, ada perempuan berkhotbah di Korintus, Epesus, di Kolose, saat ditanya. khotbahmu berasal dari mana? Hanya dua jawaban: P.L. atau Tuhan mewahyukannya padaku. Tapi setelah 27 kitab P.B. lengkap, terbukti tak ada wanita yang mendapatkan wahyu, terbukti bahwa wanita yang pernah mengatakan "aku mengajar, karena aku mendapat wahyu" itu berbohong. Paulus tahu akan hal itu, maka katanya, aku tidak mengizinkan perempuan mengajar di depan umum. Itu berarti Tuhan memakai Paulus mencegah masuknya pengajaran yang tidak beres ke gereja. Karena gereja dididirikan di atas rasul dan nabi (dua jabatan itu muncul bersamaan hanya tiga kali: I Kor.12, Ef.2:20,
(Ringkasan khotbah ini belum dlperiksa oleh pengkhotbah —EL)
0 komentar